Senin, 22 Juni 2020

Lahirnya Sebuah Novel




Keelokan Seni selalu memberikan ide pada seniman lain. Seperti Pahatan PIETA karya Michael Angelo yang sangat populer itu. Ia membuat kontras yang dalam pada pribadi Buda Maria yang terlihat muda serta cantik, sesaat dipangkuannya ialah Yesus, Putranya yang dipapah dipangku waktu di turunkan dari Salib, loyo tidak bernyawa. Dalam pahatan itu seakan Buda Maria adaah anak dari Putranya The Daughter of The Son. Saat kritik terus-menerus tiba menusuk Michael Angelo, ia menjawab serta mengaku jika ia menyengaja berisi kontras yang pada dalam hasil karyanya Pieta. Ia berterus jelas jika ia di inspirasi oleh Puisi dari penyair Dante dalam puisinya In Paradiso.

Saat saya membaca Buku " Di antara Kabut serta Tanah Basah " yang dicatat oleh seorang imam Jesuit Romo BB Triatmoko SJ. Yang mengusung tokoh "Dewabrata" ( Resi Bisma ) yang jadi kakek paman dari dua dinasti besar Kurawa serta Padawa. Dewa Brata dilukiskan dengan cara bagus, uniq, tragik oleh Romo Triatmoko dalam penelusuran diri serta kesejatian hidupnya untuk cari Bunga Utpala (Teratai biru), yang adalah symbol Dewi Tara.

Dalam jalur hidupnya cari jawaban akan arti hidup serta kesejatian diri, putra Dewi Gangga ini banyak alami rintangan, bujukan, masalah, pertarungan batin, kesengsaraan yang hebat dari ibu tirinya, dan kesengsaraan serta  penganiayaan yang dirasakan oleh warga di dalam atau di luar kerajaannya. Ketidak adilan yang dilaksanakan oleh ibu tirinya bersatu baur akan kesayangan pada Ayah handanya Prabu Sentanu. Semua carut marutnya hidup yang dirasakan Dewabrata itu membuat ia ambil ketetapan untuk hidup dalam 3 Kaul yakni Tidak menikah,

Mudahnya Bermain Taruhan Bola Online

hidup miskin mengembara serta melakukan perbuatan kebajikan, dan patuh pada suara hati serta beberapa negara/kerajaannya. Yang pada akhirnya Dewabrata mengikhlaskan kerajaannya diperintah oleh adik tirinya. Sebab sumpahnya ia tidak terima tuntutan Dewi Amba yang meminta dinikahinya, dan ia turut perang Barata Yudha untuk bela negaranya serta di akhir narasi ia penuhi takdirnya mati dipanah "Srikandi" jilmaan "Dewi Amba" yang memendam sakit hati ketidakberhasilan cintanya pada Dewabrata.

Narasi yang berisi permenungan untuk membuat KESADARAN DIRI, untuk mendapatkan arti kehidupan serta memproses pokok sari satu perjalan batin, benar-benar menukik dihati serta permenunganku. Ada satu bertanya, Kenapa Romo BB Triatmoko, cuma menggambarkan pertarungan hidup Tri Kaul, seorang pria, buatku ini untuk beberapa imam serta beberapa religius pria saja, meskipun bagus direnungkan oleh beberapa wanita. Serta saya terus mencari siapakah tokoh wanita yang cerita hidupnya menjaga Tri Prasetya seperti atau seperti Dewabrata?

Pada akhirnya saya mendapatkan tokoh yang kuanggap pas untuk Novelku " "Semburat Putih Pelangi Kasih " tokoh itu ialah Sanggramawijaya Tunggadewi, putri sulung Si Prabu Airlangga. yang nantinya Si Dewi memproklamirkan namanya jadi " Dewi Kili Suci " saat ia sudah mendapatkan kesejatian cinta tanpa ada ketentuan dari Si Hyang Widhi

Dewi Kili Suci alami Ia patuh pada adat kraton tempat ia dilahirkan serta dibesarkan, tetapi jiwanya yang penuh kebebasan ingin terbang cari kesejatian diri serta arti hidup. Dalam hiruk pikuknya laris kehidupan ia meminta izin untuk hidup di luar istana serta merasai tapa brata, dan kesejatian seorang wanita yang merdeka tentukan waktu depannya. Ia ikhlas memberi istananya pada adik kembarnya, serta tidak ingin dipersunting oleh beberapa pangeran yang menyuntingnya. Ia patuh pada suara hatinya serta bebas pergi dengan tuntunan serta olah kanuragan dari Maha Mpu Barada.

Menyengaja saya membalut NOVEL ini dengan latar belakang budaya Blora yang konon dipercaya untuk tempat lahir Si Maha Mpu Barada. Disana Sanggramawijaya Tunggadewi di gladi dalam tingkah kanuragan sampai ia mendapatkan jati dianya dalam pencerahan meditasi waktu " Malam Purnama "

Kesadaran duhai kesadaran

Jangan sampai saya melupakanmu

Atau sesaat wafatkanmu, serta terpisah denganmu,

Peluklah saya dalam jernih kehadiranmu




Share:
Lokasi: Indonesia

Ordered List

Sample Text

Definition List

Theme Support